Pengalaman Diterima Google Adsense

Pertama kali saya membuat blog ketika SMA kelas XII sekitar tahun 2009, waktu itu masih iseng dan menulis catatan atau puisi abal-abal. Tapi karena keterbatasan koneksi internet, lebih sering numpang di lab komputer saat jam istirahat, maka blog tersebut tidak terurus.

Kemudian saya tidak langsung melanjutkan kuliah setahun. Dan mulai lagi menggeluti dunia blog sebagai seorang yang amatir dan belajar otodidak.

Motivasi saya ingin menjadi penulis novel, jadi lebih banyak catatan harian saja yang saya klaim agak puitis, haha

Biarinlah, menghibur diri...

Saya tidak terlalu ingat, tapi waktu itu sekitar tahun 2014-2015 saya ngiler melihat teman yang upload penghasilannya di instagram, etdah serius bikin ngiler.

Sayang sekali saya adalah orang yang mudah terpengaruh, tapi tidak memiliki bekal yang cukup.

Akhirnya, pendek cerita, terseok-seoklah saya mempelajari blog. Sendirian, karena tidak ada teman dekat yang dapat mengajari.

Karena masalah etika, pernah saya tanya bagaimana caranya? Jawabnya, cari saja di google, banyak tutorialnya. Tanya alamat blog, tidak boleh juga. Ya sudah saya memutuskan menjadi gerilyawan, haha

Mencari-cari sendiri jalan terbaik belajar blog.

Sungguh perjalanan yang berat..

Sampai saya lulus dan bekerja, blog saya sama sekali tidak terurus. Tidak ada yang tertarik membaca tulisan saya.

Tidak ada pengunjung dan pernah coba saya daftarkan adsense, alhasil ditolak. Setelah itu daftar lagi, ditolak, entah sudah berapa kali cinta ditolak.


Tidak lama bekerja, saya kepincut lagi ingin mendalami dunia blog, haha

Sampai-sampai, alasan saya resign adalah karena ingin bisnis online ini. LOL...

Masih tetap gagal...

Tidak kuat menanggung penderitaan akan kegagalan, saya mencoba mencari tahu apa saja yang diperlukan. Akhirnya, setelah memiliki cukup uang, saya putuskan membeli tutorial adsense mentalis milik Mas Ucok Prayogo.

Beberapa hal saya belajar dari tutorial tersebut, dan memandu saya memiliki akun adsense melalui youtube. Masih akun hosted..

Tidak lama dari resign, saya diajak kerja ke Dumai. Ya, sudahlah, terabaikan lagi..

Dari kegagalan saya, ada beberapa catatan penting yang menjadi kesalahan saya.
  1. Saya menghabiskan banyak waktu untuk mengurusi template yang sesuai selera. Mencari kepuasan dari tampilan template tidak ada habisnya.
  2. Saya tidak fokus terhadap tema yang digarap. Jadi saya memiliki banyak tema yang saya tulis, sehingga mengacaukan fokus. Ujung-ujungnya tidak ada yang serius.
Setidaknya, kedua hal tersebut cukup menyusahkan diri sendiri.
Maka ada yang menyarankan agar fokus mengurus tema yang dikuasai saja dulu. Pendek kata saya membeli domain TLD untuk menjaga keistiqomah-an..

Namun yang namanya nafsu dan kejenuhan, seringkali hinggap. Otak yang jenuh selalu ingin menyegarkan dengan mencari tema lain. Dan nafsu membuat orientasi mendapatkan dolar ternyata memberi dampak buruk. Karena bayangan sukses mendominasi usaha.

Saran, orientasikan terlebih dulu pada usaha, agar beban tidak terasa berat ketika gagal membangun blog.

Kuncinya tidak boleh putus asa! Tetap semangat dan hadapi semua dengan senyuman...

Saya sama sekali tidak paham dengan aturan dan syarat diterima adsense, terakhir saya mendaftar, dan menunggu review hampir dua bulan. Saya pikir ditolak, eh diterima. Entahlah..haha

Kadang, rasa heran pun perlu disyukuri agar nikmat. Pasalnya, blog saya tersebut belum memiliki pengunjung, ada sih, cuma dapat dihitung dengan jari. Serius, kadang malah tidak ada pengunjungnya.

Makanya saya heran, kok bisa diterima ya?? haha


Sebagai newbie, amatiran, ya saya hanya bisa mengira apa alasan diterima. kemungkinan adalah:
  1. Tampilan template yang sederhana (soalnya saya otak-atik template tersebut menjadi sederhana)
  2. Menggunakan bahasa Inggris. Bisa jadi ini juga faktornya, meskipun belum ada pengunjung, tapi diterima.
  3. Rejeki... Ini hak prerogatif Tuhan..
Ini baru awal saja, sebab meskipun sudah memiliki akun adsense, tapi kalau blog saya belum ada pengunjungnya, akan sama saja hasilnya.
Sekarang saya sedang mencoba membangun blog agar meningkat trafiknya. Mohon doanya..

PS: Mari kita berjuang bersama, kegagalan bukan karena kita tidak berhasil, tapi karena kita putus asa....

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Hermans - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger